Tugas BAB 2 Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung

Jelaskan apa yang di maksud Entrepreneur ? Jawab: Menurut saya Entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan de...

  1. Jelaskan apa yang di maksud Entrepreneur?
    Jawab:
    Menurut saya Entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
  2. Jelaskan apa yang di maksud Wiraswasta?
    Jawab:
    Menurut saya  wirausaha adalah seseorang yang dapat mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru. Orang yang berani menanggung resiko atas bisnis yang ia tekuni.
  3. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara Wirusaha dan Wiraswasta?
    Jawab:
    Persamaan antara wirausaha dan wirasawasta adalah sama sama bergerak di bidang bisnis. Sedangkan perbedaan antara wirausaha dan wiraswasta terletak pada sikap mental dan suatu bentuk gerak usaha dari perwujudan sikap itu sendiri. Jelas bahwa wirausaha merupakan suatu bentuk usaha sendiri. Artinya, orang yang berwirausaha pasti bekerja sendiri, bukan bekerja pada orang lain. Sedangkan wiraswata merupakan suatu sikap mental yang berani berdiri diatas kekuatan sendiri. Sikap ini bisa digunakan bagi seorang karyawan yang bekerja ‘ikut orang’ atau bagi yang punya usaha sendiri.
  4. Untuk menjadi seorang Entrepreneur, Sifat apa yang harus saudara miliki?
    Jawab: 
    1. Percaya DiriOrang yang tinggi percaya dirinya adalah orang yang sudah matang jasmani dan rokhaninya. Karakteristik kematangan seseorang adalah ia tidak tergantung pada orang lain, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, obyektif, dan kritis, emosionalnya stabil, tidak gampang tersinggung dan naik pitam.
    2. Berorientasi pada tugas dan hasilBerbagai motivasi akan muncul dalam bisnis jika kita berusaha menyingkirkan prestise. Kita akan mampu bekerja keras, enerjik, tanpa malu dilihat teman, asal yang kita kerjakan adalah halal.
    3. Pengambilan ResikoWirausaha penuh resiko dan tantangan, seperti persaingan, harga turun naik, barang tidak laku dan sebagainya. Namun semua tantangan ini harus dihadapi dengan penuh perhitungan.
    4. KepemimpinanPemimpin yang baik harus mau menerima kritik dari bawahan, ia harus bersifat responsive.
    5. KeorisinilanYang dimaksud orisinal di sini ialah I tidak hanya mengekor pada orang lain, tetapi memiliki pendapat sendiri, ada ide yang orisinil, ada kemampuan untuk melaksanakan sesuatu. Orisinil tidak berarti baru sama sekali, tetapi produk tersebut mencerminkan hasil kombinasi baru atau reintegrasi dari komponen-komponen yang sudah ada, sehingga melahirkan sesuatu yang baru.
    6. Berorientasi ke masa depanUntuk menghadapi pandangan jauh ke depan, seorang wirausaha akan menyusun perencanaan dan strategi yang matang, agar jelas langkah-langkah yang kan dilaksanakan.
    7. KreativitasMenurut Conny Setiawan (1984:8), kreativitas diartikan sebaga kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru. Produk baru artinya tidak perlu seluruhnya baru, tapi dapat merupakan bagian-bagian produk saja.
  5. Bagaimana sikap seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya?
    Jawab:
    Dapat menbagi waktu untuk bekerja, ada waktu untuk santai. Bagi wirausahawan hari libur tidak banyak, bahkan mereka menganggap hari libur sebagai peluang bisnis, mereka tidak libur, tapi melayani kebutuhan masyarakat yang sedang berlibur. Seorang wirausahawan sejati adalah seorang yang dapat bekerja dalam satu tim, bias mempercayai orang lain, tidak bekerja sendiri
  6. Dalam membagun sebuah usaha, Kompotensi apa yang harus di miliki oleh entrepreneur?
    Jawab:
    1. Knowing your business, yaitu harus mengetahui usaha apa yang akan dilakukan. Seorang wirausaha harus mengetahui segala sesuatu yang ada hubungannya dengan usaha atau bisnis yang akan lakukan. Misalnya, seorang yang akan melakukan bisnis perhotelan maka ia harus memiliki pengetahuan tentang perhotelan. Untuk bisnis pemasaran komputer, ia harus memiliki pengetahuan tentang cara memasarkan komputer.
    2. Knowing the basic business management, yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis, misalnya cara merancang usaha, mengorganisasi dan mengendalikan perusahaan, termasuk dapat memperhitungkan, memprediksi, mengadministnasikan dan membukukan kegiatankegiatan usaha. Mengetahui manajemen bisnis beranti memahami kiat, cara, proses, dan pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien.
    3. Having the proper attitude, yaitu memiliki sikap yang benar terhadap usaha yang dilakukannya. Ia harus bersikap sebagai pedagang, industriawan, pengusaha yang sungguhsungguh, dan tidak setengah hati.
    4. Having adequate capital, yaitu memiliki modal yang cukup. Modal tidak hanya berbentuk materi, tetapi juga moril. Kepercayaan dan keteguhan hati merupakan modal utama dalam usaha. Oleh karena itu, harus cukup waktu cukup uang, tenaga, tempat, dan mental.
  7. Dalam mengerakkan usaha, keterampilan apa saja yang harus di miliki oleh seorang entrepreneur?
    Jawab :

    1. Managing finances effectively, yaitu memiliki kemampuan mengatur/ mengelola keuangan secara efektif dan efisien, mencari sumber dana dan menggunakannya secara tepat, serta mengendalikannya secara akurat.
    2. Managing time efficiently, yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. Mengatur, menghitung, dan menepati waktu sesuai dengan kebutuhannya.
    3. Managing people, yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan, menggerakan (memotivasi), dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan.
    4. Satisfying customer by providing high quality product, yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu, benmanfaat, dan memuaskan.
    5. Knowing how to compete, yaitu mengatahui strategi/cara bersaing. Wirausaha, harus dapat mengungkap kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) dininya dan pesaing. Ia hanus menggunakan analisis SWOT baik terhadap dininya maupun terhadap pesaing.
    6. Copying with regulations and paperwork, yaitu membuat aturan/pedoman yang jelas (tersurat, tidak tersirat).
  8. Kunci sukses dalam menjalankan usaha antara lain di tentukan oleh bagaimana kemampuan kita memage waktu. Jelaskan strategi saudara dalam memamfaatkan waktu tersebut agar setiap hari saudara bisa produktif!
    Jawab :
    1. Abaikan Notifikasi di PonselKebanyakan orang selalu melihat ponsel setiap 5-10 menit. Tetapi jika ini selalu dilakukan dan terus memeriksa kotak masuk serta menjawabnya, maka waktu sedikit-demi sedikit akan habis
    2. Jangan Mengerjakan Beberapa Tugas BersamaanAda penelitian yang menunjukkan bahwa hanya sekitar 2,5 % orang yang mampu mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dan mendapatkan hasil yang bagus dari masing-masing tugas.
    3. Atur Tujuan Step by StepTentukan tujuan secara rinci, atur langkah-langkah dan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan sebelum memulai. Banyak orang yang membuat tujuan dan tidak pernah menindaklanjuti.
    4. Atur Waktu dan RuangSulit untuk bekerja secara teratur jika semua disekitar Anda berantakan. Bersihkan dan atur ulang ruangan. Hilangkan benda-benda yang tidak perlu dan buatlah pengaturan untuk menyimpan berkas-berkas.
    5. Tuangkan Dalam TulisanAda suatu hal ketika merencanakan sesuatu dengan menuliskannya, entah bagaimana rencana yang tadi Anda tuliskan dapat teringat dalam pikiran. Dengan menuliskan rencana untuk hari Anda, termasuk tujuan secara detail, akan lebih efisien dalam mengerjakan suatu hal.
  9. Suatu organisasi akan survive apabila mampu beradaptasi dengan lingkungan dan perubahan yang terjadi. Jelaskan strategi yang saudara terapkan terkait hal ini agar perusahaan saudara tetap survive!
    Jawab :
    Agar dapat survive (bertahan), sustainable dan berkembang, perusahaan  perlu melakukan berbagai macam perubahan untuk berdaptasi dengan lingkungan eksternal maupun mempertimbangkan kondisi internal perusahaan. Perusahaan perlu menghitung manfaat dan biaya pada setiap jenis perubahan (cost benefit analysis). Agar perubahan efektif dan produktif membuahkan peningkatan shareholder value, maka berbagai perubahan perlu dikelola dengan sistematis.
  10. Dalam Menjalankan organisasi perusahaan, factor sumber daya manusia sangat menentukan keberhasilan usaha kita. Apa kiat saudara dalam memacu agar karyawan berprestasi? Strategi apa yang akan lakukan untuk meminimalisir pelanggaran di perusahaan saudara?
    Jawab :
    Kiat yang saya lakukan dalam memacu karyawan berprestasi adalah  benar-benar memperhatikan kinerja karyawan. Karyawan dijadikan sebagai asset yang paling berharga bagi perusahaan serta memberikan bonus kepada karyawan yang mempunya prestasi berdasarkan  pada kinerja pada masing-masing bagian sedangkan yang akan saya lakukan untuk meminimalisir pelanggaran adalah memberikan hukuman bagi karyawan yang melanggar.

COMMENTS

Name

3 Prajurit dan 3 kanibal,1,3D,1,Activity Diagram,1,Actuator,1,Agen,1,Analisis System,1,Android,3,Antivirus,1,Aplikasi IT,1,Artificial Intelligence,2,Augmented Reality,3,Basis Data,1,Brainware,1,Class Diagram,1,CMD,1,Contoh Artificial Intelligence Literatur,1,Contoh Program,1,Cpp,1,Database,1,Definisi Agen,1,Definisi Artificial Intelligence,1,Definisi Intelligence,1,Definisi Rationalitas,1,Deterministic/ Stochastik,1,Discrete/ Continuous,1,Entrepreneurship,12,Environment,1,Episodic/ Sequential,1,Faktorial,1,Flash Disk,1,Goal Test,1,Hardware,1,HTML,1,Implementasi,1,Initial State,1,Install,1,Jadwal Kegiatan,1,Jaringan,1,Kecerdasan Buatan,5,Kewirausahaan,11,Klasifikasi Komputer,1,Komputer analog,1,Komputer Digital,1,Komputer Hybrid,1,Konfigurasi,1,Korek Api,1,Kuliah Online Unikom,1,Large Scale Computer,1,Logika,2,LTE,1,Markerless,2,Medium Scale Computer,1,Menjadi Pebisnis Ulung,11,Microtic,1,Mobile,2,Model Pembangunan Perangkat Lunak,1,Museum Geologi,1,MySQL,1,Observable,1,Observasi,1,Operators,1,Pengenalan Artificial Intelligence,1,Perancangan Perangkat Lunak,1,PKM,5,PKM-KC,4,PKM-KC Gambaran Teknologi,1,Proposal,3,Rancangan Biaya,1,Repository Unikom,1,Sistem Basis Data,1,Sistem Komputer,1,Sistem Multimedia,6,Sistem Pakar,1,Small Scale Computer,1,Smart TV,1,Software,1,Squence Diagram,1,State,1,Static/ Dynamic,1,Studi Lapangan,1,Studi Literatur,1,Teknik Pengumpulan Data,1,Teknologi Masa Kini,1,Tips and Trik,2,Tsaqafah,1,Tutorial,1,UNIKOM,14,Unti3D,1,Use Case,1,Virus Shortcut,1,Vuforia SDK,1,Vuforia Structure,1,Waterfall,1,Wawancara,1,WIFI,1,WIMAX,1,
ltr
item
Ahmad Faisal Blog's: Tugas BAB 2 Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung
Tugas BAB 2 Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung
Ahmad Faisal Blog's
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/10/tugas-bab-2-entrepreneurship-menjadi.html
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/10/tugas-bab-2-entrepreneurship-menjadi.html
true
8569071378450365080
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy