TUGAS BAB 6 ENTREPRENEURSHIP MENJADI PEBISNIS ULUNG

1.        Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan ini. Beri contoh pada bisni...

1.       Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan ini. Beri contoh pada bisnis yang riil!
Jawaban :
Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution artinya pelanggan ingin membeli produk kalau produk tersebut sesuai dengan keinginannya. Sebaliknya perusahaan dapat memperoleh profit dari produk yang dihasilkannya kalau produk tersebut di beli oleh pelanggan. Berdasarkan profit tersebut, perusahaan dapat melanjutkan bisnisnya hingga ia dapat memenuhi keinginan pelanggan lebih besar di masa yang akan datang. Dengan kata lain perusahaan selalu berpedoman atau berfokus kepada nilai-nilai yang terdapat dalam diri pelanggan, sehingga kegiatan pemasaran tersebut dapat berhasil dengan baik.

Contoh : saya berbisnis di bidang pakaian, konsumen akan membeli produk saya jika produk yang saya jual memenuhi keinginan pembeli, dan pastinya harga jualnya menghasilkan keuntungan bagi saya. Saya memberikan kualitas dan barang, maka konsumen mendapatkan barang yang dia inginkan dengan kualitas bagus.

2.       Jika anda produsen suatu produk, strategi pemasaran apa yang akan anda lakukan untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat? Beri contoh produk dan strategi yang riil!
Jawaban :
Produk Segala Jenis Pakaian.
a.       Segmentasi Pasar
Untuk Segmentasi Pasar kami memilih segmentasi sesuai dengan geografis.
b.       Memilih Pasar Sasaran
Pemasaran serbaaneka, Kami akan menjual banyak baju tebal di daerah dingin dan akan menjual banyak baju yang tidak panas untuk dipakai di daerah yang bersuhu panas.
c.       Posisi Produk
Membuat unikness dari setiap produk yang dibuat supaya konsumen mengetahui posisi produk asli yang dibuat bisnis kita.
d.       Strategi Bauran Pemasaran
Yaitu memaksimalkan empat elemen yaitu produk pakaian yang bisnis kami buat, harganya dapat menguntungkan konsumen dan tentunya kita selaku pembisnis, distribusi atau pengadaan barang lebih dipercepat dan tidak memakan dana lebih yang terakhir promosi untuk mengenalkan produk kita.
e.       Produk
Dalam bisnis yang akan saya jalankan mereknya pasti unik, design produk nya up to date, harganya menguntungkan konsumen dan pembisnis, citranya dibuat seindah mungkin, pelayan prima, waktu pengiriman tepat waktu, mutu berkualitas dan pastinya original.
f.        Strategi Perluasan Pemasaran Produk
·         Strategi Penetrasi Pasar
·         Strategi Pengembangan Pasar
·         Strategi pengembangan produk
g.       Harga
Harga yang akan kami keluarkan pastinya tidak akan merugikan perusahaan dan menguntungkan konsumen.

h.       Distribusi
Dalam proses distribusi pakaian kami akan mempertimbangkan pemilihan saluran
·         Tingkat Kelangsungan Saluran
·         Jumlah Anggota Saluran
·         Kriteria Dalam Pemilihan Anggota Saluran
·         Jumlah Saluran
i.         Promosi
Promosi yang akan kami lakukan apabila biaya memungkinkan yaitu promosi di televisi, media cetak, media online, media suara atau radio, poster, pamplet browsur, selembaran kertas, dan discount.

3.       Pemasaran berorientasi pada kepuasan pelanggan. Menurut anda apakah semua pelanggan perlu dipertahankan? Jika ya, mengapa? Jika tidak, pelanggan seperti apa yang tidak perlu dipertahankan?
Jawaban :
Pelanggan yang baik, sopan, punya tatak rama, bisa saling menghargai antara pelayan dan konsumen dan menguntungkan bisnis kita, itu wajib kita pertahankan sebisa mungkin. Namun ketika konsumen yang rewel yang membuat konsumen lain terabaikan, membuat jengkel pelayan apalagi sampai memaki pelayan, konsumen yang seperti itu boleh ditinggalkan saja. Karena, hal itu dapat mengurangi kualitas kerja pelayan kepada konsumen yang lain, sehingga perusahaan akan mengalami penurunan.

4.       Buatlah contoh kalimat iklan yang menarik atau jargon yang ear catching bagi bisnis sebuah restoran!
Jawaban :
Jika Rasanya Enak Beritahu Keluarga, Jika Rasanya Gak Enak Beritahu Kami”

5.       Jika anda memiliki bisnis pakaian, coba jelaskan segmentasi pasar yang mana yang akan anda pilih dan mengapa?
Jawaban :
Segmentasi pasar yang saya pilih adalah segmentasi yang dipengaruhi oleh Geografis, karena produk yang akan saya pasarkan berupa pakaian misalnya pakaian tebal akan lebih laku dari pada pakaian biasa di daerah dingin contoh di daerah ciwidey karena suhu disana dingin. Dan pakaian yang tidak terlalu membuat panas akan laku di daerah panas contoh di daerah cikarang. 

6.       Seandainya anda produsen sebuah merek minuman, coba berikan contoh bagaimana anda memodifikasi produk anda agar tetap menjadi produk terdepan!
Jawaban :
Memodifikasi minuman bisa dengan berbagai cara yaitu diantaranya :
a.       Modifikasi Rasa, buat berbagai rasa yang menarik konsumen.
b.       Modifikasi Botol atau apapun tempat minuman itu disajikan, supaya unik.
c.       Modifikasi Warna minuman, buat warna yang menarik dengan berbagai rasa yang unik.
d.       Modifikasi Logo Minuman.
e.       Modifikasi Takaran Saji. Buat ukuran small, medium, big, super big.

7.       Buatlah analisis SWOT dari usaha impian anda di masa depan!
Jawaban :
a.       Kekuatan (Strength)
·         Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga keberlangsungan toko ini dapat terjamin.
·         Knowledge atau kepakaran yang dimiliki dalam hal pakaian.
·         Produk baru atau pelayanan yang unik.
·         Kualitas produk yang bagus dan proses pembuatannya lebih efisien.
·         Pengorganisasian pada bisnis ini sudah tersusun dengan rapi. 
·         Lokasi usaha yang terletak di kawasan/daerah yang padat penduduknya.
b.       Kelemahan (Weaknesses)
·         Merek yang kami buat belum terkenal karena masih pemula.
·         Kurangnya pengetahuan marketing.
·         Produk yang tidak terlalau berbeda dengan produk kompetitor
·         Usahanya dibangun dari kecil.
·         Modal yang kurang untuk melengkapi fasilitas yang belum ada pada usaha bisnis pakaian.
·         Ada beberapa pesaing yang sudah terlebih dahulu berdiri sehingga menuntut inovatif dan kreatif bagi pengusaha yang ingin membuka usaha dalam bidang yang sama.
c.       Kesempatan (Opportunites)
·         Pasar yang luang karena kompetitor yang tidak sanggup memenuhi keinginan konsumen.
·         Pasar yang sedang berkembang.
·         Kerjasama dengan 2-3 perusahaan atau aliansi
·         Segmen pasar yang baru
·         Pasar internasional
·         Persaingan yang belum terlalu banyak.
·         Dengan daya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar. 
d.       Ancaman (Threats)
·         Kualitas Kompetitor lebih bagus.
·         Kompetitor baru di area yang sama.
·         Persaingan harga dengan kompetitor.
·         Kompetitor mengeluarkan produk baru yang inovatif.
·         Kompetitor memegang pangsa pasar terbesar.
·         Diperkenalkannya pajak penjualan.

8.       Siapa pesaing terberat dari usaha impian anda itu? Mengapa?
Jawaban :
Pesaing terberat dalam bisnis yang saya rencanakan adalah jenis Persaingan Bentuk, karena bisnis yang saya rencanakan dibidang pakaian dengan berbagai jenis pakaian baik itu jacket, kaos, celana dan masih banyak produk-produk yang lain yang pastinya bersaing dalam industri pakaian yang membuat produk atau kelas produk yang sama.

9.       Bagaimana strategi mendapatkan pelanggan bagi bisnis anda tersebut?
Jawaban :
Mengambil posisi berhadapan langsung dengan pesaing (head to head positioning)
Misalnya, dengan mengembangkan karakteristik khusus atau unikness pada produk yang akan saya buat sehingga produk yang kami miliki memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk pesaing, menurunkan harga, meningkatkan promosi melalui bauran promosi yang efektif.

10.   Sebutkan contoh produk yang booming saat ini dan menurut anda apa yang menyebabkan produk tersebut berhasil merebut perhatian konsumen?
Jawaban :
Yang sedang booming pada saat ini khususnya dalam bisnis pakaian di indonesia yaitu jenis pakaian hijab. Karena, mayoritas di indonesia beragama islam bagi setiap muslimah hukumnya wajib menutup aurat dari pandangan orang lain agar tidak menyebabkan fitnah dan dosa, mereka mulai sadar bahwa hidup itu tidak hanya di dunia saja, melainkan ada kehidupan yang abadi dan hari pembalasan nanti di akhirat.

COMMENTS

Name

3 Prajurit dan 3 kanibal,1,3D,1,Activity Diagram,1,Actuator,1,Agen,1,Analisis System,1,Android,3,Antivirus,1,Aplikasi IT,1,Artificial Intelligence,2,Augmented Reality,3,Basis Data,1,Brainware,1,Class Diagram,1,CMD,1,Contoh Artificial Intelligence Literatur,1,Contoh Program,1,Cpp,1,Database,1,Definisi Agen,1,Definisi Artificial Intelligence,1,Definisi Intelligence,1,Definisi Rationalitas,1,Deterministic/ Stochastik,1,Discrete/ Continuous,1,Entrepreneurship,12,Environment,1,Episodic/ Sequential,1,Faktorial,1,Flash Disk,1,Goal Test,1,Hardware,1,HTML,1,Implementasi,1,Initial State,1,Install,1,Jadwal Kegiatan,1,Jaringan,1,Kecerdasan Buatan,5,Kewirausahaan,11,Klasifikasi Komputer,1,Komputer analog,1,Komputer Digital,1,Komputer Hybrid,1,Konfigurasi,1,Korek Api,1,Kuliah Online Unikom,1,Large Scale Computer,1,Logika,2,LTE,1,Markerless,2,Medium Scale Computer,1,Menjadi Pebisnis Ulung,11,Microtic,1,Mobile,2,Model Pembangunan Perangkat Lunak,1,Museum Geologi,1,MySQL,1,Observable,1,Observasi,1,Operators,1,Pengenalan Artificial Intelligence,1,Perancangan Perangkat Lunak,1,PKM,5,PKM-KC,4,PKM-KC Gambaran Teknologi,1,Proposal,3,Rancangan Biaya,1,Repository Unikom,1,Sistem Basis Data,1,Sistem Komputer,1,Sistem Multimedia,6,Sistem Pakar,1,Small Scale Computer,1,Smart TV,1,Software,1,Squence Diagram,1,State,1,Static/ Dynamic,1,Studi Lapangan,1,Studi Literatur,1,Teknik Pengumpulan Data,1,Teknologi Masa Kini,1,Tips and Trik,2,Tsaqafah,1,Tutorial,1,UNIKOM,14,Unti3D,1,Use Case,1,Virus Shortcut,1,Vuforia SDK,1,Vuforia Structure,1,Waterfall,1,Wawancara,1,WIFI,1,WIMAX,1,
ltr
item
Ahmad Faisal Blog's: TUGAS BAB 6 ENTREPRENEURSHIP MENJADI PEBISNIS ULUNG
TUGAS BAB 6 ENTREPRENEURSHIP MENJADI PEBISNIS ULUNG
Ahmad Faisal Blog's
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/10/tugas-bab-6-entrepreneurship-menjadi.html
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/10/tugas-bab-6-entrepreneurship-menjadi.html
true
8569071378450365080
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy